Rabu, 28 April 2010

PERKEMBANGAN ISLAM DI SIRAHAN GILI KIDUL

Pada waktu itu masyarakat Gili Kidul adalah masyarakat tangkluan yang belum mengenal syariat ilsam,padahal Gili Kidul bagian dari Desa Sirahan yang terkenal 100% keislamannya di kecamatan Cluwak kabupaten Pati.Melihat masyarakat seperti itu ada beberapa pemuda Gili Kidul yang berniat belajar syariat ilsam di pusat desa Sirahan beliau adalah pak Ali Masudi (Alm),Sapani,Soekarno,Iskhak,Doel Salam,dan didukung oleh satu temannya yaitu Bapak Muri (Alm).Dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang islam mereka mengenalkan islam pada masyarakat Gili Kidul,tanpa mengenal lelah mereka mengajak masyarakat untuk shalat walau hanya beralaskan sak/kandi/karung.
Setelah beberapa tahun perjuangan mereka sukses,sehingga banyak masyarakat Gili Kidul yang peduli dengan musholla dan mau beribadah disitu.Melihat perkembangan seperti itu ada salah satu warga Gili Kidul yang mewakafkan tanahnya untuk dijadikan masjid.Dan mulailah terbentuk generasi – genersi islam Gili kidul,walaupun pada waktu itu belum seutuhnya mereka mengenal ilsam,tapi para orang tua sudah berpikir tentang kemajuan islam di Gili Kidul.Hal itu dibuktikan dengan menyekolahkan putra – putri nya di madrasah yang bernafaskan NU. Itulah sekilas tentang sejarah keislaman masyarakat Sirahan Gili Kidul.Ini sudah barang tentu bahwa warga Sirahan Gili Kidul seluruhnya memeluk agama islam yang beraliran Ahlus Sunnah Wal Jamaah.Ketenangan, kedamaian dan kerukunan tercipta dan terpelihara dengan baik berkat perjuangan beliau – beliau baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dipun sumanggaaken dumateng rencang - rencang ingkang betahaken

Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!! Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!! Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!! Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!!