RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATRIKULASI
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tingkat / minggu : X / I
Pertemuan ke : 4, 5 dan 6
Alokasi Waktu : 2 x 40
Standar Kompetensi : Berkomunikasai dengan bahasa Inggris pada level beginners
Kompetensi Dasar : Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi social untuk kepentingan kehidupan.
Indikator :
• Mengetahui arti 35 kata kerja (base form, past form), 15 kata sifat, 15 keterangan dng tepat.
• Menulis 15 kalimat Affirmative sederhana dengan menggunakan kata kerja, kata sifat dan 30 kata benda dengan benar menggunakan tenses simple present, present continuous, dan simpel past.
• Menulis kata kerja, kata sifat dan kata benda dengan ejaan yang benar setelah di dikte.
I. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu mengetahui arti dan menulis dengan ejaan yang benar 35 kata kerja (base form, past form), 15 kata sifat, dan 15 keterangan dengan tepat.
• Siswa mampu menyusun kalimat positif simple present, present Continuous, dan simple past dengan menggunakan kata kerja, kata sifat, kata benda dan kata keterangan dengan tepat dan benar.
II. Materi Ajar
• Mengetahui arti kata-kata : kata kerja, kata sifat dan keterangan.
• Konstruksi kalimat affirmative (+) simple present , present continuous, dan simple past
• Menulis dengan benar kata – kata setelah didikte oleh guru.
III. Metode Pembelajaran
• Pengucapan ulang
• Penjelasan tenses
• dikte
• menterjemahkan
IV. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 menit x 3 pertemuan)
• Berdoa dan salam
• Absensi Siswa dan memeriksa ketertiban dan kebersihan kelas.
• Menyampaikan target kemampuan bahasa yang harus dicapai selama minggu
ke - 1
B. Kegiatan inti (75 menit x 3 pertemuan)
• Siswa mengetahui arti kata-kata dengan mendiskusikan dengan teman di bimbing oleh guru.
• Siswa menulis kata-kata (kata kerja, sifat, dan benda) setelah didikte oleh guru dengan ejaan yang benar.
• Guru menjelaskan kalimat dngan tenses: Simple Present, Present Continuous dan penggunaan To be (present) dan Simple past.
• Siswa menyusun 15 kalimat affirmative dengan kata-kata yang telah diberikan.
• Beberapa siswa menulis kalimat mereka untuk didiskusikan yang dibimbing oleh guru.
C. Kegiatan akhir
• Guru mengulas pelajaran yang telah dipelajari
• Guru menanyakan dan mendiskusikan kesulitan pada siswa.
• Guru memberi tugas pada siswa.
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
A. Fasilitas
• Materi ajar (trasparansi)
• Ohp
• Ruang,papan,marker
• Handsouts.
• Paper exercises
B. Sumber Belajar
• English Book
• Grammar in Use
• Modul Bahasa Inggris
• Kamus Inggris - Indonesia
VI. Penilaian
• Penilaian selama proses pembelajaran.
• Penilaian tugas.
• Test tertulis ( membuat kalimat)
• Test mendengarkan (dictation)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar