Selasa, 02 Agustus 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATRIKULASI

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tingkat / minggu : X / I
Pertemuan ke : 4, 5 dan 6
Alokasi Waktu : 2 x 40
Standar Kompetensi : Berkomunikasai dengan bahasa Inggris pada level beginners
Kompetensi Dasar : Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi social untuk kepentingan kehidupan.
Indikator :
• Mengetahui arti 35 kata kerja (base form, past form), 15 kata sifat, 15 keterangan dng tepat.
• Menulis 15 kalimat Affirmative sederhana dengan menggunakan kata kerja, kata sifat dan 30 kata benda dengan benar menggunakan tenses simple present, present continuous, dan simpel past.
• Menulis kata kerja, kata sifat dan kata benda dengan ejaan yang benar setelah di dikte.


I. Tujuan Pembelajaran
• Siswa mampu mengetahui arti dan menulis dengan ejaan yang benar 35 kata kerja (base form, past form), 15 kata sifat, dan 15 keterangan dengan tepat.
• Siswa mampu menyusun kalimat positif simple present, present Continuous, dan simple past dengan menggunakan kata kerja, kata sifat, kata benda dan kata keterangan dengan tepat dan benar.


II. Materi Ajar



• Mengetahui arti kata-kata : kata kerja, kata sifat dan keterangan.















• Konstruksi kalimat affirmative (+) simple present , present continuous, dan simple past













• Menulis dengan benar kata – kata setelah didikte oleh guru.


III. Metode Pembelajaran

• Pengucapan ulang
• Penjelasan tenses
• dikte
• menterjemahkan


IV. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 menit x 3 pertemuan)
• Berdoa dan salam
• Absensi Siswa dan memeriksa ketertiban dan kebersihan kelas.
• Menyampaikan target kemampuan bahasa yang harus dicapai selama minggu
ke - 1

B. Kegiatan inti (75 menit x 3 pertemuan)
• Siswa mengetahui arti kata-kata dengan mendiskusikan dengan teman di bimbing oleh guru.
• Siswa menulis kata-kata (kata kerja, sifat, dan benda) setelah didikte oleh guru dengan ejaan yang benar.
• Guru menjelaskan kalimat dngan tenses: Simple Present, Present Continuous dan penggunaan To be (present) dan Simple past.
• Siswa menyusun 15 kalimat affirmative dengan kata-kata yang telah diberikan.
• Beberapa siswa menulis kalimat mereka untuk didiskusikan yang dibimbing oleh guru.

C. Kegiatan akhir
• Guru mengulas pelajaran yang telah dipelajari
• Guru menanyakan dan mendiskusikan kesulitan pada siswa.
• Guru memberi tugas pada siswa.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
A. Fasilitas
• Materi ajar (trasparansi)
• Ohp
• Ruang,papan,marker
• Handsouts.
• Paper exercises

B. Sumber Belajar
• English Book
• Grammar in Use
• Modul Bahasa Inggris
• Kamus Inggris - Indonesia




VI. Penilaian
• Penilaian selama proses pembelajaran.
• Penilaian tugas.
• Test tertulis ( membuat kalimat)
• Test mendengarkan (dictation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dipun sumanggaaken dumateng rencang - rencang ingkang betahaken

Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!! Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!! Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!! Selamat Datang Di GiliKidul .............. Test Online Sudah Menanti Anda ....................................!!!!!!!!!!!!!